Kelompok Wanita Tani Cijabon Desa Sukaluyu RW.12 Ciptakan Kreasi Kerajinan Tangan Dari Sampah Plastik - Ciapus Info - Wadah Info Warga Ciapus

Ciapus Info - Wadah Info Warga Ciapus

CiapusInfo - Wadah Info Warga Ciapus

download aplikasi ciapus info

Post Top Ad

Kelompok Wanita Tani Cijabon Desa Sukaluyu RW.12 Ciptakan Kreasi Kerajinan Tangan Dari Sampah Plastik

Kelompok Wanita Tani Cijabon Desa Sukaluyu RW.12 Ciptakan Kreasi Kerajinan Tangan Dari Sampah Plastik

Share This
Ciapus.info, Bogor - Limbah plastik bekas makanan dan minuman bagi sebagian orang mungkin tidak bermanfaat apa-apa, tapi di tangan ibu-ibu kelompok wanita tani (KWT) desa Sukaluyu RW.12, limbah plastik tersebut bisa di "sulap" menjadi sebuah kreasi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis.

Adalah Hj. Sunarti (63) seorang pensiunan dari Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Indramayu, yang saat ini menjadi ketua KWT Cijabon desa Sukaluyu RW.12, telah menjalani aktifitasnya bersama 25 orang anggotanya yang aktif selama 2 tahun dan dibina oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Rumah pribadi Hj. Sunarti saat ini dijadikan sebagai sekretariat KWT, ditempat inilah ibu-ibu anggota KWT "ngumpul" dan berkreasi membuat aneka kerajinan tangan berbahan dasar sampah plastik yang diperoleh dari bank sampah.


Dari botol plastik bisa dibuat beberapa macam bunga hias, untuk tutup botolnya sendiri bisa dibuat kalung (aksesoris) yang sebelumnya dilelehkan kemudian dicetak. Ada juga ecobrick, yakni botol minuman yang diisi dengan plastik-plastik kemasan sachet bekas permen dan kopi kemudian dipadatkan.

Ecobrick ini nantinya bisa digunakan sebagai pengganti bahan batako (bata) untuk pembuatan dinding pagar atau rumah. Menurut Hj. Sunarti kekuatan ecobrick lebih tahan lama dibanding dengan batako. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh KWT desa Sukaluyu RW.12 ini akan terus dikembangkan demi menggali potensi warga dan menjaga tata lingkungan sekitar.

[M]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages