Sejarah Masjid At-Tohiriyah Empang Bogor - Ciapus Info - Wadah Info Warga Ciapus

Ciapus Info - Wadah Info Warga Ciapus

CiapusInfo - Wadah Info Warga Ciapus

download aplikasi ciapus info

Post Top Ad

Sejarah Masjid At-Tohiriyah Empang Bogor

Sejarah Masjid At-Tohiriyah Empang Bogor

Share This
Ciapus.info, Bogor - Masjid At-Tohiriyah didirikan pada tahun 1817 oleh Raden Mohammad Thohir, dari tahun pembuatannya Masjid At-Thohiriyah merupakan masjid tertua di kota dan kabupaten Bogor. Bentuk pertama masjid tersebut adalah berbentuk Joglo.

Masjid ini kemudian diteruskan oleh cucu Raden Mohammad Thohir yang bernama Raden Arya Wiranata yang merupakan Bupati Bogor pertama, karena putera Raden Mohammad Thohir meninggal dunia di Mekah.

Bagian kanan masjid dahulu digunakan sebagai kantor Pemerintahan Kabupaten Bogor pada abad 19, kemudian sempat digunakan sebagai tempat untuk Taman Kanak-kanak (TK) dan Persatuan Wanita Departemen Agama.

Pada abad 19 pula masjid ini digunakan sebagai tempat sholat Jum'at para demang (orang kerajaan), para demang yang datang menaruh kuda mereka di alun-alun kemudian mandi di sungai Cisadane dan dilanjutkan sholat Jum'at berjamaah.

Ciri khas masjid ini adanya 4 tiang penopang kubah yang berasal dari bangunan asli, mempunyai simbol 4 sahabat Rosul dan 4 arah mata angin. Luas masjid saat ini 20x50 meter.

Bagian barat masjid merupakan wakaf dari Habib Alwi bin Ismail Alaydrus (1927) dan bagian utara Habib Abdillah bin Muhammad Assegaf (1937).

Raden Mohammad Thohir dikenal sebagai Mbah Dalem Sholawat, karena setiap jum'atan selalu membaca sholawat. Tradisi membaca sholawat pada saat jum'atan merupakan masjid yang masih dijalankan sampai sekarang.

(M, berdasarkan manuskrip masjid)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages